Selasa, 06 Agustus 2013

Sekilas Pengalamanku sebagai Programmer

Hai semua
Sekarang saya ingin sedikit membagikan pengalamanku selama ini. Mudah - mudahan dapat menginspirasi para blogger ataupun orang lain.


OK, suatu ketika saya ingin membuat aplikasi yang dapat membantu anak dalam mempelajari matematika. Ya, sebagian orang cenderung takut pada pelajaran tersebut. Entah kenapa, mengapa orang itu takut. Ada kemungkinan, orang yang takut itu dulunya belum menguasai dasar - dasar matematika. Dasar - dasar matematika ada 4, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Ada juga yang belum menguasai empat operasi aritmetika, operasi hitung campuran dari keempat operasi tadi.
Oleh sebab itu, Saya ingin membuat aplikasi yang nanti didistribusikan ke ponsel cerdas (smartphone). Tampilan yang saya rencanakan nanti sederhana tapi menarik dan mudah digunakan. Kalau bisa dikombinasikan dengan permainan yang anak - anak suka misalnya tembak - tembakan dengan efek tembakan yang menarik, tapi sasaran tembaknya menitikberatkan soal matematika sesuai tingkatan yang dipilih anak yang memainkannya.
OK, merealisasikannya nanti saja.
Ya, sebelum saya menjelaskan pengalamanku, Saya beri sedikit pengertian. Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan dalam memprogram perangkat baik perangkat keras maupun lunak. Dengan bahasa pemrograman, pemrograman lebih mudah dilakukan (bagi yang sudah menguasainya) dibandingkan bahasa mesin. Bahasa Mesin, nama lainnya Bahasa Biner, merupakan bahasa angka yang depannya 00011000. Bahasa ini tentu saja sangat sulit karena harus memahami apa maksud angka itu dan apa kaitannya dengan mesin. Sabarlah, aku aja belum sampai situ, ya bahasa pemrograman aja secara nekat aku pelajari, padahal pelajaran TIK di sekolahku belum sampai yang pronya. Yang penting cuma tiga modal untuk berusaha yaitu kemauan, motivasi, dan yang paling penting KERJA KERAS.
Perjalanan pembelajaran bahasa pemrograman dimulai dari Visual Basic. Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari serta mudah dipahami karena tata penulisannya (sintaks) sederhana. Pertama kali saya membuat aplikasi menampilkan tulisan Hello Visual Basic. Berhasil.
Kemudian, Saya membuat aplikasi hitungan dari yang mudah hingga yang sulit. Misalnya kalkulator, konversi suhu, aritmetika sosial, dan koordinat kartesius. Setelah itu membuat aplikasi yang benar - benar membantu orang, misalkan penerapan matematika dalam kehidupan sehari - hari.
Setelah belajar Visual Basic sekian lama, Saya pun belajar C#. Perlu diketahui bahwa kecepatan eksekusi program yang dibuat dengan bahasa pemrograman C# lebih cepat dibanding dengan yang dibuat dengan Visual Basic. Bahasa C# merupakan bahasa turunan dari bahasa C++, yang juga merupakan bahasa dengan kecepatan eksekusi tercepat. Awalnya, Saya kesulitan mempelajarinya, sintaks - sintaksnya beda jauh dengan yang di Visual Basic. Meskipun demikian, Saya tetap berusaha untuk mempelajarinya, meskipun ada kendala dimana Saya susah memahaminya. Akhirnya pun, Saya dapat memahaminya dan dapat membuat aplikasi yang sama seperti di Visual Basic. Saya dapat membuat aplikasi dengan cepat jika menggunakan C#.
Karena aku ingin membuat aplikasi untuk smartphone yang OSnya Android, aku bertekad untuk mempelajari bahasa pemrograman Java. Bahasa ini sintaksnya hampir sama dengan C#. Hanya bedanya C# sintaksnya ada yang diperbaiki sehingga lebih sederhana. Hasil pembelajarannya nanti aku tuangkan di blogku melalui postingan tutorial. Dan aku baru mempelajarinya.
Jangan menyerah, tetap pelajari terus.
Jangan lupa add Saya di Google+ untuk mendapatkan informasi terbaru.
Thanks :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar